Sejarah Desa

Sejarah Desa Sapen

 

Desa Desa Sapen adalah salah satu desa yang terletak pada koordinat bujur 110,90660, koordinat lintang -7,590806 di kecamatan Mojolaban kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah. Dengan luas wilayah 232,181 Ha dengan ketinggian 104 mdpl, curah hujan 2.000.000 Mm dan suhu rata-rata harian adalah 240C Desa Sapen terdiri dari 10 Dusun atau Dukuh, yaitu : Dukuh Sapen, Dukuh Dongeng, Dukuh Jatisari, Dukuh Demangan, Dukuh Celungan, Dukuh Brajagan, Dukuh Dukuh, Dukuh Ngiri dan Dukuh Kebakan dan Dukuh Perumahan.

Desa Sapen berbatasan langsung dengan kelurahan Jaten di bagian utara , dengan desa Jati di bagian timur, di bagian selatan dan barat berbatasan langsung dengan desa Triyagan.

 

Sejarah terbentuknya desa Sapen ditandai dengan diketemukan sebuah batu besar berdiameter sekitar setengah meter yang cekung meyerupai tapak kaki sapi. Konon ceritanya lubangan batu yang terisi air itu selalu didatangi sapi-sapi pengembalaan untuk mengambil minum dan setiap sapi atau lembu yang minum pada batu itu bisa menjadi gemuk-gemuk dan sehat. Maka oleh Demang (sebutan lurah pada masa kerajaan) tempat disekitar batu yang banyak didatangi sapi-sapi itu diberi tetenger sebagai “Sapeen” dan disatukan bersama-sama wilayah disekitarnya menjadi pusat Kademangan. Adapun Demang yang masih diingat oleh nara sumber yaitu bernama Demang Ponco Sudiro, dan berkuasa hingga tahun 1946.

 

Pemilihan Kepala desa pertama kali setelah merdeka pada tahun 1946 dengan perangkat terpilih sebagai berikut :

 

Lurah               : Darso Suparno  (menjabat seumur hidup hingga tahun 1986)

( merupakan anak ke-2 dari Demang Ponco Sudiro)

Carik               : Citro

Ulu-ulu            : Cipto Rumekso

Modin             : Marto Dikromo

Jogoboyo         : Jogo Sumitro

Pamongtani     : Kasmo Wiyoto

Bayan              : Martorikyo, Bayan Sidin, Atmo Suwito

Kesehatan       : Harto Suwarno

 

  • Kepala Desa Sapen Periode selanjutnya di Jabat Oleh : Drs. Adi Sumilardjo

( yang kebetulan merupakan anak dari Lurah Darso Suparno )

Menjabat  3 periode  hingga tahun 2006

 

  • Kepala Desa Periode selanjutnya dipilih melalui Pemilu (Pilkades) terpilih : Waris Sukaryadi, S.Sos

Menjabat sejak tahun 2006 hingga sekarang.

Link Tekait